Rabu, 14 September 2011

sejarah dan perkembangan teknologi informasi


 Tahukah anda bahwa suatu teknologi informasi itu mempunyai masa sejarah yang sangat pesat dalam perkembangan nya dari berbagai macam zaman dan hingga masa modern seperti saat ini ??


sejarah mencatat segala history perkembangan zaman secara significan dalam bidang teknologi informasi. jujur saya pun tidak mengetahui secara detail apa saja sejarah teknologi pada zaman prasejarah. bersyukur saya lahir di zaman yang modern. mari kita sama-sama melihat kutipan pada zaman pra-sejarah.
  
  Masa Pra-sejarah

a.      Masa (….s/d 3000 SM)
Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada dilingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempa.t mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.
Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti kendang ,terompet yang terbuat dari tanduk binatang, atau isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.

b.      Masa Sejarah(3000 SM s/d 1400 –an M)
Pada masa tersebut teknologi informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kalian kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus dan biaya yang dikeluarkan banyak.

c.       Masa 3000 SM
Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan symbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf.
Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.

d.      Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
1)      2900 SM
Pengunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno. Hierogliph merupakan bahasa symbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh symbol yang berbeda.Ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
2)      500 SM
Serat papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar Sungai Nil ini menjadi media menulis atau media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai menia informasi.
3)      105 M
Bangsa Cina menemukan kertas.Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kalian kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci, kemudian diratakan dan di keringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kalian kenal sekarang dengan sistem cap.

sumber : http://wss-id.org/blogs/hera_a1_sby/archive/2007/09/23/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasih.aspx

2.  Zaman Modern
      saya bersyukur sekali saya terlahir di zaman yang teknologi informasi nya sudah sangat berkembang dan modern. dan saya dapat menggunakan teknologi-teknologi informasi yang canggih.

1. Samuel F. B Morse, seorang berkebangsaan Amerika adalah orang pertama yang menemukan telegraf sebagai alat pengirim telegram. Telegram mulai dipopulerkan pada tahun 1920-an. Pada saat itu tarif pengiriman telegram lebih murah daripada tarif telepon. Tarif mengirim telegram dihitung berdasarkan jumlah karakternya, termasuk tanda baca. Jangkauan pengiriman berita melalui telegram meliputi lokal maupun internasional. Waktu yang dibutuhkan untuk mengirim telegram adalah kurang dari satu hari. Keunikan dari telegram adalah tanda baca dituliskan. Telegram yang popular di Indonesia berada dibawah naungan perusahaan telkom. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Telegram)

2. Alexander Graham Bell - Antonio Meucci
    Tahun 1874 dia mulai megerjakan telegraph. Percobaa yang dilakukan bersama asistennya, Thomas Watson, membuahkan hasil pada 10 Maret 1876. Saat itu kata yang di transmit adalah “ Watson come here, I want you ( Watson kemari, saya memerlukan kamu ).”. Telepon pada akhir diperkenalkan keseluruh dunia dengan perusahaan Bell Telephone Company.

Dan Antonio Meucci :
Antonio Meucci disahkan sebagai penemu telepon oleh Kongres Amerika pada 11 Juni 2002.
Sejarah Telepon.
  • 1871 Antonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebuty sound telegraph. Penemuan ini memungkinkan komunikasi atara dua orang dalam bentuk suara dengan perantaraan dua kabel. Tapi sayang paten yang diminta Meucci gagal karena kurang biaya.
  • 1875 perusahaan komunikasai the Bell memdapatkan hak paten atas penemuan yang disebut transmitters and receivers for electric telegraph.
  • 1876, perusahaan Bell mematenkan Inprovement in Telegraphy. Sistem ini memberikan mitode untuk mentrasmisikan suara secara telegraph.
  • 1877, The Charles Williams Shop, tempat dimana pertama kali telepon diuat dengan pengawasan dari Watson. Selanjutnay menjadi departemen R&D perusahaan telekomunikasi. Alexander Graham Bell memantau terus produksi perusahaan tersebut. Akhir tahun mencapai hasil produksi 300 telepon. Perusahaan Bell juga mematenkan electro-magnetic yag menggunakan magnit permanen, diafragma besi serta dering panggilan.
  • 1878, Papan pengganti secara manual ditemukan, sehingga memungkinkan banyak telepon terhubung melalui saluran pertukaran.
  • 1880, sirkuit metalic pertama dipasang, yag merupakan pembaharuan dari sirkuit one-wire ( satu kabel ) menjadi two-wire ( dua kabel ). Hal ini akan mengurangi gangguan yang terjadi pada saat menggunakan jalur one-wire.
  • 1891, ditemukan telepon dengan nomor dial. Telepon akan bekerja secara otomatis, menghubungkan penelepon ke operator, dengan cara menekan nomor dial berdasarkan instruksi.
  • 1915, telepon dengan sistim wireless ( tanpa kabel ) ditemukan. Yang memungkinkan kita berhubungan antar lintas negara.
Penemuan telepon telah membuat komunikasi dunia tanpa jarak. Antonio Meucci dan Alexander Graham Bell sangat berjasa dalam hal ini.

3. Martin Cooper
Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 3 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.

4.  Christopher Latham Sholes
     Mesin tik ditemukan oleh Christopher Latham Sholes, pada tahun 1868.
Sholes adalah penemu berkebangsaan Amerika. Lahir di Mooresburg, Amerika Serikat pada 14 Februari 1819, dan meninggal pada 17 Februari 1890.
 
5.  John Lodie Baird
   Penemu Televisi penemu asal Skotlandia,John Lodie Baird,melakukan demo TV pertama untuk publik di Soho,London tahun 1926.Sepuluh tahun kemudian terdapat seratus set TV di seluruh dunia. Ini sekitar satu milyar TV di seluruh dunia,dengan Cina memiliki TV terbanyak,sekitar 200 juta.Di Amerika,setahun ditayangkan sekitar 20 iklan TV.
6. Guglielmo Marconi
    Tahun 1895, hanya setahun kerja keras, Marconi berhasil memprodusir peralatan yang diperlukan. Tahun 1896 dia memperagakan alat penemuannya di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuan ini. Marconi bergegas mendirikan perusahaan dan "Marconi" pertama dikirim tahun 1898. Tahun berikutnya dia sudah sanggup kirim berita tanpa lewat kawat menyeberang selat Inggris. Meskipun patennya yang terpenting diperolehnya tahun 1900, Marconi meneruskan pembuatan dan mempatenkan banyak penyempurnaan-penyempurnaan atas dasar penemuannya sendiri. Di tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.

7. Charles Babbage
     Tahun 1821 Babbage menciptakan Difference Engine, sebuah mesin yang dapat menyusun Tabel Matematika. Saat melengkapi mesin tersebut di tahun 1832, Babbage mendapatkan ide tentang mesin yang lebih baik, yang akan mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis namun berbagai jenis operasi aritmatika. Mesin ini dinamakan Analytical Engine (1856), yang dimaksudkan sebagai mesin pemanipulasi simbol umum, serta mempunyai beberapa karakteristik dari komputer modern. Diantaranya adalah penggunaan punched card, sebuah unit memori untuk memasukkan angka, dan berbagai elemen dasar komputer lainnya. Karya Babbage kurang begitu terkenal sampai suatu saat dia bertemu dengan Ada, Countess of Lovelace, anak dari Lord Byron. Babbage mula-mula bertemu ada di sebuah acara tanggal 6 Juni 1833. Sembilan tahun kemudian, Luigi Federico Manabrea (seorang insinyur dari Italia) menjelaskan cara kerja Analytical Engine. Karya ini kemudian diterjemahkan dan ditambahkan notes oleh Ada Lovelace di tahun 1843. Mulai dari saat itu orang mulai mengenal karya Charles Babbage.
Namun sayang, hanya sedikit sisa peninggalan dari prototipe mesin Difference Engine, dikarenakan kebutuhan mesin tersebut melebihi teknologi yang tersedia pada zaman itu. Dan walaupun pekerjaan Babbage dihargai oleh berbagai institusi sains, Pemerintah Inggris menghentikan sementara pendanaan untuk Difference Engine pada tahun 1832, dan akhirnya dihentikan seluruhnya tahun 1842. Demikian pula dengan Difference Engine yang hanya terwujudkan dalam rencana dan desain.
Tahun 1828 sampai 1839, Babbage medapat gelar the Lucasian chair of mathematics (gelar professor matematika paling bergengsi di dunia) dari Universitas Cambridge. Selain mesin hitung, Babbage juga memberikan berbagai kontribusi lain. Diantaranya menciptakan sistem pos modern di Inggris, menyusun table asuransi pertama yang dapat diandalkan, menemukan locomotive cowcather (struktur berbentuk segitiga di bagian depan kereta api, yang mampu membersihkan rel dari gangguan) dan beberapa lainnya. Selain itu Babbage juga menyumbangkan ide-idenya di bidang ekonomi dan politik.
Charles Babbage juga seorang ahli cryptanalysis yang berhasil memecahkan vigenere cipher (polyalphabet cipher). Kepandaiannya ini sebetulnya sudah dimilikinya sejak tahun 1854, setelah dia berhasil mengalahkan tantangan Thwaites untuk memecahkan ciphernya. Akan tetapi penemuannya ini tidak dia terbitkan sehingga baru ketahuan di abad 20 ketika para ahli memeriksa notes-notes (tulisan, catatan) Babbage.
Dibalik seluruh keberhasilannya, kegagalan dalam pembuatan mesin perhitungan dan kegagalan bantuan pemerintah kepadanya, meninggalkan Babbage dalam kecewaan dan kesedihan di akhir masa hidupnya. Babbage meninggal di rumahnya di London pada tanggal 18 Oktober 1871.
Sumber : http://almuslim-beritateknologi.blogspot.com/2007/11/charles-babbage-sang-penemu-komputer.html

itulah sedikit sejarah dan perkembangan teknologi informasi dan pada saat ini ada yang lebih canggih dari teknologi diatas. semoga kita jadi orang-orang yang meramaikan sejatah teknologi informasi di hari ini dan hari yang akan datang.

1 komentar:

  1. Thanks ya gan udah sharing, thanks kebetulan sedang ada tugas ni hehe tengkyu bacaanya :)

    BalasHapus